Konstelasi Imajinasi

Minggu, 05 November 2017

Astra, Peningkatan Kualitas Kesehatan, dan Wacana Makassar Menuju Kota Dunia

 Makassar yang kini tumbuh menjadi kota besar dengan segala tetek-bengeknya, dirancang menjadi kota yang dicanang sebagai kota dunia. Pemerintah Kota Makassar telah membuat beberapa program yang mendukung visi besar tersebut, di antaranya; konsep Makassar Tidak Rantasa’ dan konsep Makassar Smart City. Kedua konsep revolusioner ini kemudian bertemu dalam detak yang sama, yakni peningkatan kualitas kesehatan warga masyarakat.

Kualitas kesehatan ini bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, seperti penyuluhan pola hidup sehat dan peningkatan kualitas pelayanan di bidang kesehatan. Ini merupakan ihwal penting yang jarang dimunculkan ke publik, sebab tak ada kota dunia (world city) di belahan bumi mana pun yang warganya ‘pincang’ dari segi kesehatan mulai dari pola hidup tidak sehat, hingga dari segi pelayanan dan teknologi kesehatannya

Pola hidup sehat sangat erat kaitannya dengan pencegahan berbagai macam penyakit. Hidup sehat diawali dengan lingkungan yang sehat. Makassar jauh-jauh hari penuh sampah yang berceceran di jalan-jalannya, kanalnya hitam selegam nasib orang-orangnya, juga lorong-lorong tidak tertata rapi sehingga menimbulkan kesan kumuh dan tertinggal. Namun beberapa tahun ini, citra tersebut sedikit demi sedikit mulai berubah

Makassar Tidak Rantasa’ merupakan program ‘revolusi mental’ bagi warga Makassar untuk peduli lingkungan, misalnya pembersihan dan penataan lorong, program LISA (Lihat Sampah, Ambil) dan pengadaan mobil Tangkasaki yang lebih mutakhir ketimbang truk sampah sebelumnya. Ketiga program ini cukup efektif mengubah wajah Makassar dan pola pikir warganya. Upaya-upaya ini merupakan langkah awal yang nyata agar masyarakat terhindar dari penyakit yang bisa ditularkan melalui lingkungan jorok dan kotor, seperti diare, penyakit kulit, hingga penyakit dalam yang tergolong berat.

Kurangnya kualitas pelayanan dan belum adanya teknologi kesehatan mutakhir menjadi salah satu masalah yang perlu diselesaikan agar tidak berlarut-larut. Beberapa tahun belakangan, sebagai bagian dari perjalanan kota anging mammiri ini, pemerintah kota Makassar memiliki support system untuk membenahi salah satu poin penting dalam menunjang Makassar Smart City, yakni pelayanan kesehatan yang canggih dan memadai.

Program Dottorotta’ Home Care merupakan salah satu upaya yang ‘mengawinkan’ konsep Makassar Smart City dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan dengan teknologi canggih dan memadai. Progam Dottorotta’ ini sebetulnya penyediaan beberapa unit mobil ‘ambulans’ canggih serbaguna dengan layanan 24 jam. Layanan in dilengkapi dengan telemedicine yang mutakhir , juga dapat dkses oleh seluruh warga Kota Makassar melalui telepon.

Apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Makassar ini merupakan langkah-langkah riil yang menunjang perbaikan kualitas kesehatan masyarakat. Namun nampaknya, program-program ini belum cukup untuk menampung persoalan-persoalan kesehatan warga Makassar. Oleh karena itu, diharapkan beberapa stakeholder turut memberi sumbangsih riil terhadap perwujudan peningkatan kualitas kesehatan warga.
Suatu kesyukuran karena PT. Astra Internasional memiliki CSR di bidang kesehatan.

Beberapa program Astra ini telah memberikan dampak riil bagi warga Makassar dan turut membantu pemerintah kota dalam mewujudkan visi besarnya. Beberapa program CSR PT. Astra yang sesuai dengan program Pemkot tersebut misalnya Lorong Astra dan Mokesa (Mobil Kesehatan Astra)

sumber: www.mugniar.com


Lorong Astra merupakan program Astra yang serupa dengan program pemkot dalam membenahi kota yang dimulai dengan pembenahan lorong –yang sebetulnya mendominasi jenis ruang jalan di Makassar- Lorong ini sangat penting, jika seluruh lorong di Makassar dibenahi dengan baik –juga mental orang-orang yang tinggal di sana-, maka lorong bukan lagi gang-gang sempit yang sarat akan kriminalitas dan kejorokan, tetapi menjadi sebuah gang asri tempat aktivitas positif dilaksanakan. Astra sendiri telah membina lorong di Jl, Rappocini, bukan hanya dari penampilan fisiknya, tapi juga mental warga di sana. Ini mungkin hanya sebatas langkah awal bagi perbaikan lorong-lorong yang lain, atau, perusahaan lain bisa mengikuti jejak PT Astra Internasional sebagai inovator pertama yang menjadikan pembenahan lorong sebagai salah satu pelayanannya terhadap masyarakat.

Mokesa (Mobil Kesehatan Astra) merupakan program lain yang manfaatnya sudah dirasakan oleh warga masyarakat. Konsepnya tidak jauh beda dengan mobil ambulans Dottorotta’ Homecare milik Pemkot. Fasilitas yang berada dalam Mokesa pun tidak kalah canggih dengan teknologi pada Dottorotta,_, begitu pun dengan pelayanan yang diberikan. Keberadaannya sangat membantu program pemerintah kota. Inilah sumbangsih riil dari PT. Astra Internasional.

Sumber: auto2000.co.id


8 komentar:

  1. Program-program di Makassar sebenarnya banyak yang keren yak, semoga bisa dimaksimalkan pelaksanaan programnya.

    BalasHapus
  2. Semoga masyarakatbyang domisilix di KBA Yg menjadi binaan astra bisa bertanggungjawa memelihar sec berkelanjutan atas apa yg telah Astra berikan.

    BalasHapus
  3. Suka sekali liat lorong yang warna warni :)

    BalasHapus
  4. Semoga segera terwujud kota Makassar yang bersih dan sehat seperti yang diharapkan warga.

    BalasHapus
  5. Semoga makin lama, semua wilayah di kota ini tersentuh semua inovasi, termasuk yang dari AStra ya

    BalasHapus
  6. semoga Makassar makin sehat warganya.. Aamiin

    BalasHapus
  7. Melalui tulisan ini saya jadi tahu kalau Astra dan empunya blog ini memang keren. SatuIndonesia!

    BalasHapus
  8. Tinggal warganya apakah mampu jadi 2x lebih baik.

    BalasHapus